Situs KODAM XVII/Cenderawasih - Ksatria Pelindung Rakyat
logo

Jumlah Pengunjung

Website counter

sejak 29 Juli 2009

Google Search

Kilas Berita

 


LEMDIK /SATPUR/BANPUR


RINDAM

BRIGIF-20

YONIF 751/BS

DENKAV-3/SERBU

DENZIPUR 10

DENZIPUR 11

DENZIPUR 12

DENZIPUR 13


BADAN PELAKSANA KODAM


POMDAM

HUBDAM

KUDAM

BINTALDAM

AJENDAM

PALDAM

KUMDAM

KESDAM

BEKANGDAM

TOPDAM

JASDAM


KORAN PAPUA


TRANSLATE

 

Pilih Bahasa

LINKS
BUKU TAMU


ADMIN STATUS



ALBUM KEGIATAN

 

 


situs ini terbaik dilihat pada screen resolution 1024x768

 

KOREM 172/PW : TNI DAN MASYARAKAT BEREBUT DALAM ADU KETANGKASAN LOMBA PANJAT PINANG

image

Oleh: Korem 172

Anggota TNI dari satuan-satuan yang yang berada di Kab.Keerom (Satgas Yonif 527/BY,713/ST dan Koramil setempat) dan puluhan masyarakat dari Kab. Keerom saling berebut dalam adu ketangkasan dalam lomba Panjat Pinang saat peringatan 1 Mei, kembalinya Irian Barat kepangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ) di Kab. Keerom Papua. Dua batang pohon Pinang disiapkan dengan beraneka hadiah yang digantung diatas pohon, mulai hadiah utama sampai dengan hadiah hiburan.

Pesta untuk memeriahkan peringatan Hari Kembalinya Irian Barat Kepangkuan NKRI yang ke47 ini disambut sangat antusias warga dan para pengunjung. Hanya saja untuk panjat pinang ini ada sedikit perbedaan antara TNI dengan warga. Walaupun secara umum aturan permainan sama, yaitu semua diperbolehkan menggunakan tehnik dan cara masing-masing untuk bisa sampai ke puncak.TNI memilih tehnik kekompakan yaitu satu dengan yang lain saling bekerja sama untuk panggul-memanggul satu dengan yang lain, sehingga untuk bisa meraih hadiah yang tergantung cukup satu orang diantara mereka.Dan masyarakat lebih memilih menggunakan alat tali yang diikatkan kepohon Pinang tersebut. Meski tidak dilarang namun cara ini tidak cukup efektif untuk bisa merontokkan hadiah yang telah disediakan diatas, walaupun telah berulang kali dicoba.hHal ini terbukti dengan masih banyaknya hadiah yang tergantung diatas pohon pinang tersebut.”Verry difficult, sangat sulit,”kata salah seorang dari peserta panjat pinang kepada Bapen 527/BY Sertu Karnoto, saat melihat acara tersebut.

Dari dua pohon Pinang yang disiapkan ada sebagian hadiah yang belum sempat terambil oleh peserta, sementara untuk pohon yang lain sudah ludes karna semua hadiah telah teraih oleh para pemanjat. Beberapa hadiah yang diperebutkan antara lain, hadiah utama berupa uang tunai Rp 500.000 untuk dua pohon pinang @ Rp 250.000 dan Beras satu sak 15kg, sedangkan yang lain berupa hadiah hiburan Pakaian, panci, wajan, payung serta makanan dan minuman botol. Selain Lomba Panjat pinang, dalam peringatan Kembalinya Irian Barat ke pangkuan NKRI, Pemkab.Keerom dibantu Satgas Yonif 527/BY juga menggelar aneka hiburan termasuk pentas musik oleh SPIDER BAND dari Satgas Yonif 527/BY.” Ini semua sebagai bentuk rasa syukur kami atas kembalinya Irian Barat (Papua) ke pangkuan NKRI,”kata Wakil Bupati Keerom Wafir Kosasih dalam sambutanya.


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Kode Rahasia
Masukkan hasil penjumlahan dari 8+6+3

Copyright 2014 admin@kodam17cenderawasih.com All Rights Reserved