Situs KODAM XVII/Cenderawasih - Ksatria Pelindung Rakyat
logo

Jumlah Pengunjung

Website counter

sejak 29 Juli 2009

Google Search

Kilas Berita

 


LEMDIK /SATPUR/BANPUR


RINDAM

BRIGIF-20

YONIF 751/BS

DENKAV-3/SERBU

DENZIPUR 10

DENZIPUR 11

DENZIPUR 12

DENZIPUR 13


BADAN PELAKSANA KODAM


POMDAM

HUBDAM

KUDAM

BINTALDAM

AJENDAM

PALDAM

KUMDAM

KESDAM

BEKANGDAM

TOPDAM

JASDAM


KORAN PAPUA


TRANSLATE

 

Pilih Bahasa

LINKS
BUKU TAMU


ADMIN STATUS



ALBUM KEGIATAN

 

 


situs ini terbaik dilihat pada screen resolution 1024x768

 

DANREM 171/PVT BERIKAN SAMBUTAN PADA PEMBUKAAN PELATIHAN PEER LEADER PENANGGULANGAN HIV DAN AIDS DI LINGKUNGAN TNI

image

Danrem 171/PVT Kolonel Inf Heronimus Guru, memberikan sambutan dalam acara pembukaan Pelatihan Peer Leader Penanggulangan HIV dan AIDS di lingkungan TNI, yang dihadiri oleh Chief Of US Embassy (Colonel Randall L. Koehlmoos), pejabat dari Dirkes TNI dan Dephan antara lain Letkol Ckm Dwi Joko, Letkol Kes Udara Washiludin dan Mayor Laut Kes Hari, serta Dankasatdisjan jajaran Korem 171/PVT, bertempat di Mariat Hotel, Jalan Jenderal A. Yani, Klademak,  Sorong, Papua Barat, Selasa (21/9).

Dalam sambutan Danrem 171/PVT Kolonel Inf Heronimus Guru mengatakan, bahwa HIV dan AIDS merupakan masalah penting, bukan saja dibidang kesehatan, tetapi juga di bidang Sosial kemasyarakatan, karena hingga saat ini belum ada Vaksin untuk mencegah HIV dan belum pula ada obat yang bisa menghilangkan Virus dari dalam tubuh orang yang terinfeksi, serta dampak yang ditimbulkannya sangat luas. Jumlah kasus HIV dan AIDS yang dilaporkan dari tahun ke tahun juga masih terus meningkat. Menurut laporan Dirjen P2PL Kementerian Kesehatan RI, hingga 30 Juni 2010 telah tercatat 21.770 kasus AIDS di Indonesia, dimana 4.128 diantaranya telah meninggal dunia. Jumlah kasus sesungguhnya tentu jauh lebih besar dari yang dilaporkan mengingat adanya Fenomena gunung es. Menurut hasil Estimasi, pada pertengahan 2009, jumlah kasus HIV dan AIDS di Indonesia diperkirakan sudah mencapai 193.000.

TNI sebagai salah satu sub-populasi dari penduduk Indonesia, tentu tidak terlepas dari permasalahan yang ada. Kasus HIV dan AIDS di lingkungan TNI dari tahun ke tahun juga terus meningkat. Kasus HIV dan AIDS di lingkungan TNI hingga 30 Juni 2010 tercatat 658 kasus dimana 179 diantaranya telah meninggal dunia. Data tersebut tentu sudah termasuk beberapa kasus pada anggota TNI yang berasal dari daerah Papua Barat. Peningkatan kasus tersebut bila tidak ditangani secara Komprehensif akan berpengaruh terhadap kesiapan TNI dalam melaksanakan tugas pokoknya.

Permasalahan HIV dan AIDS sangat erat dengan aspek perilaku, sehingga penanganannya tidak bisa hanya dilakukan oleh personel atau satuan kesehatan saja, tetapi harus melibatkan berbagai sektor di luar kesehatan. Pelatihan Peer Leader ini salah satu tujuannya adalah untuk membekali para Perwira yang berasal dari berbagai disiplin ilmu agar memiliki pemahaman yang benar tentang HIV dan AIDS, bagaimana cara penularannya dan bagaimana cara pencegahannya. Dengan demikian pada gilirannya para Perwira diharapkan dapat memberikan penjelasan secara benar kepada anak buahnya, kepada teman sekerja dan juga kepada masyarakat umum.

Fri, 24 Sep 2010 @12:22


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar

Copyright 2022 admin@kodam17cenderawasih.com All Rights Reserved