Situs KODAM XVII/Cenderawasih - Ksatria Pelindung Rakyat
logo

Jumlah Pengunjung

Website counter

sejak 29 Juli 2009

Google Search

Kilas Berita

 


LEMDIK /SATPUR/BANPUR


RINDAM

BRIGIF-20

YONIF 751/BS

DENKAV-3/SERBU

DENZIPUR 10

DENZIPUR 11

DENZIPUR 12

DENZIPUR 13


BADAN PELAKSANA KODAM


POMDAM

HUBDAM

KUDAM

BINTALDAM

AJENDAM

PALDAM

KUMDAM

KESDAM

BEKANGDAM

TOPDAM

JASDAM


KORAN PAPUA


TRANSLATE

 

Pilih Bahasa

LINKS
BUKU TAMU


ADMIN STATUS



ALBUM KEGIATAN

 

 


situs ini terbaik dilihat pada screen resolution 1024x768

 

KOMANDAN KOREM 172/PRAJA WIRAYAKTI BUKA PERINGATAN NUZULUL QUR'AN

image

Oleh: korem172 | September 7, 2009

Komandan Korem 172/Praja Wirayakti Kolonel Czi I Made Sukadana membuka Acara Nuzulul Qur’an tahun 1430 H/2009 M yang diselenggarakan di Masjid Ridho Allah Bucend III Waena, Abepura Jayapura, Minggu (6/9) yang diikuti oleh seluruh anggota TNI dan PNS serta  Ibu Persit Koorcab Rem 172 dan para Jamaah Masjid, dengan penceramah Bp. Ustadz Drs. Musa Rumbaru, MA.

Dalam sambutannya, Danrem menyampaikan bahwa Peringatan Nuzulul Qur’an merupakan suatu momentum bagi umat islam untuk instropeksi diri, sejauh mana memahami, menghayati dan mengamalkan kandungan Al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari, untuk selanjutnya ditingkatkan kadarnya’ “Peringatan Nuzulul Qur’an merupakan suatu momentum bagi umat islam untuk instropeksi diri, sejauh mana memahami, menghayati dan mengamalkan kandungan Al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari, untuk selanjutnya ditingkatkan kadarnya,”Jelasnya.

Lanjut Danrem, bahwa Pada zaman modern seperti sekarang ini, dimana ilmu pengetahuan dan tehnologi begitu diagungkan, kitab suci Al-qur’an mampu membuktikan kebenaran sebagai kalam Allah, isyarat-isyarat ilmiah Al-qur’an yang diturunkan berabad-abad yang lalu ternyata mendahului penemuan-penemuan ilmu pengetahuan modern. Jadi apabila menafsirkan Al-qur’an dari sudut ilmu pengetahuan, maka akan membuat kita terpesona dan tidak akan pernah menemukan hakikat pemahaman yang sebenarnya dari Kitab suci ini. Kitab suci Al-qur’an bukan merupakan sebuah Kitab ilmu pengetahuan tetapi merupakan kitab panduan hidup bagi umat manusia. Penemuan ilmu pengetahuan di dalam Al-qur’an itu membuktikan kewujudan dan kehadiran Allah yang menciptakan segalanya dan pada hakikatnya bahwa dunia ini dan segala adalah milik Allah SWT, “Katanya.

Thema Peringatan Nuzulul Qur’an kali ini adalah ”Melalui Puasa Ramadhan, Nuzulul Qur’an dan Idul Fitri Tahun 1430 H/2009 M, Kita Tingkatkan Kesholehan Pribadi Dan Kesholehan Sosial Prajurit TNI guna Kelancaran dan Keberhasilan Pelaksanaan Tugas”. Untuk itu khususnya anggota korem 172/praja wirayakti, Danrem meminta agar selalu memupuk keimanan, meningkatkan solidaritas sesama prajurit, meningkatkan soliditas dan selalu menjaga kerukunan  hidup dengan sesama umat manusia, terbinanya kekompakan dengan segenap komponen bangsa yang merupakan modal utama bagi kehidupan berbangsa dan bernegara

Dalam ceramahnya, Drs. Musa Rumbaru, MA mengupas tentang sejarah dan Hikmah Nuzulul Qur’an yang antara lain bahwa Perkembangan Saint dan teknologi modern sangat pesat sehingga menyebabkan dunia seakan-akan menjadi sempit, hal ini kalau tidak didasari iman yang kuat maka kita akan ikut mengagungkan ilmu pengetahuan dan teknologi ini, untuk itu kita tidak boleh lepas dari Iman dan Taqwa kita kepada Allah SWT. Al-Quran yang diturunkan bertepatan pada 17 Ramadhan ini hendaknya dapat dijadikan sebagai pedoman hidup umat manusia, “Katanya. Selain itu zaman waktu diturunkannya Al-Qur’an merupakan zaman jahiliah, kerusakan atau kehancuran antara lain krisis Ahlaknya, krisis akidahnya dan krisis moralitasnya yang mana pada waktu itu manusia tidak mempunyai adat-istiadat, rasa kemanusiaan dan hukum rimba yang berlaku, siapa yang kuat maka dia yang berkuasa. Untuk itu Ustadz mengajak para Jamaah dan hadirin untuk selalu meningkatkan keimanan seakan-akan kita melaksanakan ibadah puasa kali ini seakan-akan yang terakhir dan besuk, lusa atau tahun depan kita tak menemuinya, Al-Qur’an dijadikan imam, jadi baca dan afalkan serta amalkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, “Ajak Ustadz sebelum mengakhiri ceramahnya.

Copyright 2022 admin@kodam17cenderawasih.com All Rights Reserved